Oleh: pukat | Juni 15, 2006

8 Langkah Memulai Usaha

\"dimana ada kemauan disitu ada jalan\"Apabila anda ingin memulai suatu usaha, tidak ada salahnya mengikuti delapan langkah berikut ini :

MENGETAHUI / MENGENALI DIRI ANDA SENDIRI
“Corak/Sifat-sifat Keberhasilan” berikut ini kelihatannya banyak ditemukan pada diri para wirausahawan yang berhasil:
Orang yg memulai sendiri ? Pekerja keras
Berorientasi pada orang ? Berani atau tidak ragu dlm membuat keputusan
Pemimpin ? Terpercaya, kata-katanya dapat dipegang
Menikmati tanggungjawab ? Tekun/ulet
Terorganisir/ teratur ? Sehat
Disamping itu hal-hal berikut ini akan berpengaruh terhadap usaha apapun yang anda jalankan
Pengalaman kerja pada masa lalu tentunya akan menentukan jenis usaha yang akan dimulainya.
Menjalankan usaha adalah lebih mudah jika anda sudah kenal dengan produk atau jasa, dan industrinya.
Memulai usaha-baru jauh lebih rumit kala anda mencoba untuk melakukan keduanya pada saat yang bersamaan (cari pengalaman dan mencari tahu tentang produk).

MERENCANAKAN
Suatu rencana usaha yang baik merupakan garansi untuk keberhasilan. Menurut beberapa survei, perencanaan yang benar merupakan faktor penentu utama bagi kelangsungan hidup dan pertumbuhan suatu usaha.
Rencana usaha itu dibuat karena tiga alasan mendasar:

1. untuk menentukan kelayakan,
2. untuk menyediakan dokumen tertulis,
3. dan untuk membimbing penanganan usaha yang sesungguhnya.
Sebuah rencana usaha harus mendokumentasikan aspek-aspek usaha seperti pemasaran, pengorganisasian, dan keuangan.
Anda harus merencanakan pemulaian suatu usaha untuk menentukan apakah perusahaannya akan mendapatkan keuntungan atau kerugian — di atas kertas — sebelum ia berhenti dari pekerjaannya (pada saat ini), mengambil kredit modal untuk kedua kalinya dengan menjadikan rumahnya sebagai jaminan/agunan, dan membuat komitmen dengan (meyakinkan) sanak-keluarga dan kerabat tentang kemungkinan resiko dan keuntungannya.
Andalah yang harus menentukan berapa besar jumlah modal yang diperlukan untuk memulai dan menjalankan usaha sampai usaha tersebut dapat membiayai dirinya (mandiri).
Klien juga harus secara ketat menguji kebutuhan keuangan dirinya sendiri, karena kebanyakan usaha baru pada masa-masa awalnya tidak dapat menggaji pemiliknya.
Pemberi pinjaman (bank) dan penanam modal berharap untuk dapat melihat suatu rencana usaha. Suatu rencana resmi yang tertulis akan menunjukkan kepada mereka bahwa klien telah melakukan “pekerjaan rumahnya” dan telah mengembangkan gagasan usaha yang dapat dilaksanakan.

PENDANAAN
Langkah berikutnya yang harus diayunkan oleh klien adalah bagaimana mencari atau mendapatkan dana untuk modal.
Pertama ia mungkin harus bersedia untuk mengorbankan tabungan pribadinya, dan menggunakan harta milik pribadi sebagai jaminan untuk pinjam uang.
Para penyedia pinjaman dan penanam modal biasanya akan mensyaratkan “(dokumen-dokumen) keabsahan” sebagai berikut:
Tekat/komitmen atas keuangan pribadi yang terbesar,
Pendapatan dari usaha cukup untuk membayar hutang/pinjaman;
Agunan dalam jumlah yang setara (bahkan seringkali lebih besar) dengan nilai pinjaman; dan
Pengalaman klien dalam mengelola usaha dari jenis yang sama/serupa.

HAL-HAL LEGAL (UU, Peraturan, Ijin, dsb)
Anda sepatutnya memperoleh saran dari seorang ahli hukum, agen asuransi, dan akuntan sebelum memutuskan tentang apakah usahanya akan hanya dimiliki sendiri (sole proprietorship), menjalin kemitraan (partnership), atau dalam bentuk perseroan (incorporation).
Penyingkapan terhadap pertanggungjawaban mungkin merupakan pertimbangan yang paling penting dalam memilih bentuk badan hukum perusahaan.

Jika klien akan punya penanam modal, bentuk perseroan sepertinya akan lebih tepat.
PENYIMPANAN CATATAN (Pemeliharaan dari Rekaman) *)
*) Sering disebut sebagai Pembukuan dalam hal-hal yang berkait dengan keuangan

Suatu sistem penyimpanan catatan/data atau sistem pembukuan keuangan yang baik adalah penting untuk menyediakan/memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pemerintah, penanam modal, dan peminjam uang (bank). Catatan atau rekaman amat sangat penting untuk tujuan perencanaan dan pengawasan. Klien harus tahu berapa banyak uang yang dihasilkan, apa saja pengeluaran yang dilakukan, adakah keuntungan atau kerugian, siapa saja yang berhutang kepada usaha ini, dan kepada siapa saja usaha ini berhutang. Semua pertanyaan ini dapat dijawab dengan sistem pemeliharaan atau penyimpanan catatan atau data (keuangan) yang baik. Catatan atau rekaman atau pembukuan yang harus dimiliki oleh suatu usaha yang baru meliputi:
Buku Register Cheque yang menunjukkan setiap cheque yang dikeluarkan, tanggal dan jumlah uang pada cheque, penerima check, dan uraian singkat tentang jenis pengeluaran.
Jurnal Penerimaan Kas yang memperlihatkan uang yang diterima atau masuk, tanggal penerimaan, jumlah uang yang diterima, nama pembayar, dan uraian jenis penerimaan.
Buku Besar Rekening yang Harus Diterima (Accounts receivable ledger), atau Buku Besar Piutang, yang mendaftarkan uang-uang yang masih belum diterima, yang merupakan kewajiban dari pelanggan anda untuk membayarnya kepada perusahaan anda.
Buku Besar Rekening yang Harus Dibayarkan (Accounts payable ledger), atau Buku Besar Hutang, yang mencatat tagihan-tagihan yang masih belum dibayar oleh perusahaan anda kepada penyedia jasa atau barang (vendors).
Jurnal penggajian/pengupahan yang digunakan untuk menelusuri pembayaran atau penggajihan kepada karyawan dan ini mencakup hal-hal seperti pendapatan kotor dan pendapatan bersih, pajak pendapatan perorangan, dan berbagai macam potongan gaji lainnya, dan
Buku Besar Pengendalian Inventaris (Inventory control ledger) yang mencatat inventaris yang dibeli, inventaris yang dijual, dan inventaris yang masih ada. Buku Besar Inventaris ini hanya cocok yang memiliki inventaris dalam jumlah besar.
ASURANSI
Anda harus memastikan diri bahwa ia mempunyai semua cakupan (coverage) asuransi sebelum membuka suatu usaha. Anda harus berbicara dengan agen asuransi tentang perlindungan atas harta milik/kekayaan, hutang/pertanggungjawaban, kompensasi untuk karyawan, kendaraan, gangguan usaha, kesehatan, dan asuransi jiwa. Klien harus memperoleh “penawaran” dari beberapa agen asuransi, baru kemudian membeli asuransi dari satu agen saja. Hal ini akan memungkinkan klien memperoleh layanan atau jasa yang lebih baik. Semua polis asuransi harus ditinjau setiap tahun — sejalan dengan pertumbuhan usaha, maka kebutuhan asuransipun akan meningkat.

PERPAJAKAN
Klien harus mulai mengayunkan langkah kanan dengan mempelajari apa saja yang disyaratkan atau dituntut. Mereka harus menghadiri berbagai seminar dan lokakarya serta berjumpa dengan seorang akuntan. Klien mungkin perlu mendaftarkan diri dan usahanya pada beberapa instansi pemerintah pusat atau daerah.

MENCARI PERTOLONGAN / BANTUAN
Mereka harus membuat “tim penasehat yang profesional” , terdiri dari konselor usaha dari KKB, penasehat hukum, bankir, dan agen asuransi.
Pemilik usaha yang berhasil seringkali mendapat bimbingan dari wirausahawan yang berhasil yang dijumpainya pada pertemuan Kamar Dagang (Indonesia) dan dengan organisasi usaha terkait lainnya. Jika anda akan meminta nasihat dan akan mendengarkannya, peluang keberhasilan akan semakin meningkat/luas.
Sebagai penutup, siapa yang gagal dalam merencanakan, maka rencanakanlah untuk gagal. Siapa yang gagal bersiap diri, maka siapkanlah diri anda untuk gagal (those who fail to plan, plan to fail). Klien harus meluangkan waktu untuk membuat rencana usahanya dan belajar sebanyak mungkin sebelum membuat keputusan besar seperti itu. Hanya dengan begitulah maka impian untuk memiliki usaha akan menjadi kenyataan.

catatan yang penting :

Statistik jumlah pengusaha yang sukses membuktikan bahwa mereka yang memulai usaha dengan prinsip “melakukan” dahulu lebih banyak dibanding dengan mereka yang “merencanakan” dahulu baru “melakukan”.
dan hanya sedikit yang melakukan keduanya, “(merencanakan dan melakukan)” dan mereka ini adalah konglomerat dan pengusaha yang “sangat sukses”.
YR

disarikan dari DepKopUKM

Responses

  1. assalamualaikum,,

    saya seorang mahasiswa perguruan tinggi di bandung..
    saya ingin memulai usaha sendiri, saya mempunyai modal rp.2 juta. yang saya ingin tanyakan kira2 usaha apa yang cocok untuk seorang mahasiswa dengan jadwal kuliah yang sibuk seperti saya? soalnya saya ingin merintis enterpreneurship saya dari sekarang..
    saya mohon balasannya dikirim ke email saya maskotmaskotmaskot@yahoo.com terima kasih..

  2. nama saya hendri mahasiswa salah satu perguruan tinggi di jakarta dan pernah menjadi marketing beberapah perusahaan besar.
    saya ingin memulai usaha sendiri dan bingung untuk mulai merintis usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal yang minim dan kiat-kiat apa saya yang saya harus miliki
    karena saya mau usaha disektor informal dan usaha apa yang cepat berkembang di jakarta
    saya mohon balasan dan bantuan bisa email:H_y4nto@yahoo.co.id

  3. bagaimana saya bisa usaha jika saya tidak punya modal dan bagaimana saya bisa punya modal tanpa usaha jika anda punya jalan tolong wujudkan, saya hanya ingin bertanggung jawab terhadap masa depan dan keluarga saya. adapun rencana usaha saya adalah membuka warnet karena di tempat saya ada tempat yang strategis untuk membuka warnet.

  4. Saya sudah punya usaha yaitu pabrik pupuk dan saya membutuhkan bantuan dana. Saya punya jaminan yang mendukung. Sampai sekarang saya belum mendapatkan pemberi pinjaman modal or imvestor. Bagaimana saya mendapatkan dimana orang yang mau meminjamkan dana. Saya masih punya pinjaman dana di BRI sehingga tidak bisa menambah pinjaman lagi. terima kasih.

  5. Saya memiliki modal Rp.10 juta.
    Tetapi saya tidak begitu paham/mengerti bagaimana cara untuk memutar modal saya tersebut.
    Yang saya mau tanya, kiat usaha apa kira-kira yang mudah untuk dipelajari supaya saya dapat menerapkannya dengan menggunakan modal saya tersebut?
    Saya mohon bantuan balasannya dikirimkan ke alamat email saya,
    si_boy82@yahoo.com
    Terimakasih banyak

  6. Saya menjelang pensiun 5 tahun kedepan, saya ingin mulai usaha sampingan yang sekiranya dapat menunjang pada saat saya pensiun nanti.
    usaha apakah kiranya yang cocok untuk kegiatan saya itu ?
    Bidang saya yang saya tekuni adalah dunia Hospitality industry
    mohon saran mudah2 dapat membantu saya ?
    Kiranya jika berkenan sudi memberikan saran untuk kami, terima kasih sebelumnya.
    Wassalam,
    heru@kartikachandra.com

  7. salam sejahtra;

    saya seorang mahasiswa perguruan tinggi swasta di bandung, saya ingin meminta pendapat bapak/ibu, usaha apa yang dapat saya lakukan saat ini untuk memulai usaha yang besar kedepannya. saat ini saya kuliah dengan biaya dari paman saya. saya hanya ingin meringankan bebannya untuk kebutuhan sehari-hari.
    saya juga hanya memiliki modal sekitar 1 juta (sangat minim) untuk sebuah usaha yang tidak menggaggu aktifiatas kuliah saya.
    thanks

  8. Dear,

    Menjalankan suatu usaha pada saat ini sangat banyak dijalani dengan kebutuhan yang tersedia. tetapi untuk menjual kembali barang tersebut sangat sulit mendapatkan tempat menjual dangan harga yang bersaing. Dalam hal ini saya meminta bantuan kepada bapak/ibu untuk memberikan suatu informasi mengenai usaha yang benar-banar prospek, bagaimana juga membuat usaha dengan modal Rp 5 juta.
    thanks

  9. dear,

    Saya seorang pengusaha di bidang aksesoris mobil di medan,mengenai usaha yang saya jalani sekarang ini,saya ingin meminta saran dan sekalian curhat,jika saya ingin membuka cabang lagi,apa yang musti saya lakukan?sementara usaha yang pertama sedang dalam keadaan “sekarat” dan meninggalkan banyak hutang.Jika ingin membuka cabang lagi mengingat dana/modal sudah tidak ada lagi,mohon saran dan bantuannya di kirim via email ke nathasya07@yahoo.co.id..terima kasih

  10. saya seorang teknisi komputer freelance, saya ingin mendirikian servisan komputer/printer dan isi ulang tinta printer dengan 3orang teman smu saya dengan modal kurang lebih 30 juta. 2 orang teman saya sudah memiliki modal masing2 10 jutaan,sehingga terkumpul 20 juta. untuk menutupi kekurangan tersebut maka tinggal saya yang belum mengumpulkan modal 10juta. saya sudah berusaha meminta kepada orang tua saya dan saudara saya, tetapi mereka tidak mau memberikan modal dengan alasan tidak punya uang, tetapi alangkah kecewanya saya ketika imel ini saya tulis saya mendapatkan mesin cuci baru dirumah saya, saya sangat kecewa dengan keadaan dirumah saya dimana saya tidak didukung penuh oleh keluarga saya.

    untuk itu bagi anda yang berminat membantu memberikan modal sebesar 10juta kepada saya, saya siap bekerjasama dengan anda.saya bersedia bagi hasil 50:50.

    bila anda benar-benar berminat tolong bantu saya sesegera mungkin, karena saya sudah di deadline untuk mengumpulkan modal paling lambat pertengahan Pebruari, dan rencana toko akan dibuka pada bulan Maret.

    silakan hubungi saya di :
    rifqi burhanuddien
    Jl. Srikandi no 224 Semarang
    telp : 024- 70 329 101 / 085 626 93 500

    besar harapan saya untuk mendapatkan modal dari saudara..

  11. Saya sudah punya modal komputer 5 buah,mesin fotocopi 2 buah.tapi saya bingung karena saya belum berani membuka usaha sendiri seperti rental atau yang lain nya karena belum ada tempat yang cocok dan murah untuk disewa.bagaimana seharusnya saya?apa yang mesti saya lakukan?

  12. Buat mas Suta, seperrtinya apa yang anda alami sama seperti saya, cuma bedanya saya hanya punya dua komputer, tapi kalo anda 5 bh komp + 2 bh mesin foto copy. kalo anda ingin membuka usaha rental komp. dan Copy Center, secara logis sudah sangat memadai sekali, saran saya segera di wujudkan mas, sebab jika ditunda2 nanti sperti saya, yg terpaksa harus kerja kantoran lagi… mengenai tempat, saran saya carilah tempat yg dekat dengan konsumen kita, misal dekat dengan sekolahan, atau perguruan tinggi, karena dari kalangan inilah biasanya pelanggan terbanyak.. untuk tempat usaha, usahakan juga mudah diakses dan ga perlu yang terlalu mewah yg penting bagaimana kita menata tempat kita senyaman mungkin sehingga orang yg rental komputer menjadi kerasan.. OK MAS selamat memulai usaha baru, jangan ragu2 sebab modal yg anda miliki sudah sangat memadai. kalo boleh tau dimana anda akan membuka usaha anda(tempat tinggal anda saat ini), siapa tau kita ada didaerah yang sama, dan bisa bekerjasama THX

  13. saya mahasiswa diPTS jogja sedang akan menyusum skripsi wirausaha dibantul mohon jika ada datanya baik jumlah ukm di bantul, dan prospek usaha yang bagus di bantul itu apa? thanks

  14. saya juga merupakan seorang mahasiswa di bandung maranatha,anda boleh join dengan saya utk memasarkan produk sabun cuci piring cair dan shampoo mobil snow wash.saya merupakan home industri kecil2an,tentunya harga sangat bersaing dengan perusahaan besar,sehingga saya berani menjamin para mahsiswa seperti saya akan mudah utk memasarkannya,tidak perlu modal.

  15. Saya pekerja, saya memiliki pandangan usaha banyak sekali hanya saja dari segi tempat dan trnsportasi kurang memadai.
    Warnet untuk masalah lokasi harus sangat selektif salain itu harus kerja extra keras, usaha butik akan segera saya pikirkan, semantara ini usaha sampingan hanya jualan pakaian ke pabrik2 itupun pembayarannya dicicil smp 2 bln uang jadi keputus-putus, dirumah sudah ada usaha warung sama rental komik. Pingin ditambah usaha Playstation selain harus mendapat ijin RT/RW setempat juga warga setempat selain itu juga harus dikelola dan dijaga sendiri. Misalkan Playstation dibuat dengan sistem billing seperti pada warnet, jadi terkontrol dengan komputer bisakah itu? Mohon saran dan solusinya? Tolong balas ke e-mail saya Carrisa_FriendsLEZ@yahoo.co.id Terima Kasih

  16. Saya sudah menggangur selama 6 bulan sesudah perusahaan sudah bangkrut. bagaimana saya tuna rungu mau membuka usaha sendiri yang cocok ? Saya bingung sulit belajar cara usaha sendiri dengan buku penyusun rencana usaha dan modal murah. mohon bantuan saran dan solusinya. tolong balas ke e-mail saya yanarudiana@yahoo.com.sg. Terima kasih

  17. saya TNI dg modal kecil tp ingin memulai uasah, saya hoby baca.. kira2 usaha apa yg cocok, thanks

  18. Assalamualaikum Wr Wb
    Perkenalkan nama saya Hendry. Saya bekerja diperusahaan swasta, saya ingin memulai usaha sampingan yang tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. jam kerja saya shift 1,2 dan 3 modal usaha saya 3 jt. Mohon bantuan untuk konsultasinya, Saya sampaikan terima kasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum Wr Wb

  19. salam…saya juga mau belajar buka usaha…nuhun

  20. Assalamuallaikum wr.wb.
    saya dan teman-teman (sma kls 3) ingin membuka sebuah usaha peminjaman buku komik. rencananya kami akan patungan dan mencari sponsor. tapi bagaimana caranya agar meyakinkan sponsor untuk menyetujui proposal yang akan kami ajukan, untuk membantu dana yang dibutuhkan mengingat kami masih sma? padahal kami serius dalam hal ini. selain itu kami melihat usaha ini memiliki prospek yang cerah ke depannya di kota kami. dan mohoj kiatnya agar usaha kami bisa sukses nantinya. mohon bantuannya terima kasih.
    wassallamuallaikum wr.wb.

  21. Assalamualaikum Wr Wb
    Saya ngga tau mau buka usaha apa… tapi saya yakin sekali saya pasti kelak punya lebih dari 1 perusahaan. Apakah saya gila

  22. say mengelola butik tapi tetap tidak maju, yg mau di tanya,, apakah usaha yang pantas buat saya untuk menambah usaha yang lain berhubung tetangga saya membuka usaha yang berbeda,, YAITU USAHA PANCING TQ

  23. SAYA PUNYA SOLUSI BAGI KALIAN YANG SUKA TRAVEL,WWW.TRAVL4.COM
    DAN YANG LEBIH MENARIK ADA JUGA TENTANG COMPUTER, BUSINESS, EDUCATION KOMPLIT DEH
    bestweb.blog.com
    http://www.adxfree.com
    http://www.submitspeed.com
    http://www.autoaba.com
    http://www.businessblue.net
    http://www.computerlux.com

  24. SAYA PUNYA SOLUSI BAGI KALIAN YANG SUKA TRAVEL,WWW.TRAVEL4.COM
    DAN YANG LEBIH MENARIK ADA JUGA TENTANG COMPUTER, BUSINESS, EDUCATION KOMPLIT DEH
    bestweb.blog.com
    http://www.adxfree.com
    http://www.submitspeed.com
    http://www.autoaba.com
    http://www.businessblue.net
    http://www.computerlux.com

  25. SAYA PUNYA SOLUSI BAGI KALIAN YANG SUKA TRAVEL,WWW.TRAVELS4.COM
    DAN YANG LEBIH MENARIK ADA JUGA TENTANG COMPUTER, BUSINESS, EDUCATION KOMPLIT DEH
    bestweb.blog.com
    http://www.adxfree.com
    http://www.submitspeed.com
    http://www.autoaba.com
    http://www.businessblue.net
    http://www.computerlux.com

  26. KALIAN TERTARIK LIAT KOLEKSI BAJU YANG MENARIK??
    http://WWW.KADEKU.BLOGSPOT.COM

  27. gesing grafis? call me! freelanc

  28. desing grafis? hubungi saya di e-mail atas….

  29. Carrisa menurut saya kamu bisa hubu. saya di email ini masalah ps. sistem billing itu gampang anda berada di daerah mana kok kayaknya sepi penduduk………..

    atau mungkin di pedesaan ya

  30. saya mahasiswa yang sdang ingin membangun usaha sampingan. tetapi saya tidak memiliki banyak relasi untuk sekedar mencari informasi penjualan grosir bahan baku murah yang akan saya beli.bagaimana solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah saya?thx.. tya_lavigne@yahoo.com.

  31. cara menentukan bakat kita dimana. http://www.uta888.wordpress.com

    kalau menurut saya kita memang (sebagai manusia) punya fungsi
    masing-masing dalam kehidupan ini. inilah menurut saya salah satu
    penyebab mengapa ada usaha seseorang cepat maju dan ada beberapa yang
    lambat maju.

    lalu bagaimana dengan perkataan “kamu bisa jika kamu berpikir kamu
    bisa”. you can if you think you can. atau juga komentar orang-orang
    “yang penting kemauan dan kerja keras”. itu tidaklah bertentangan
    dengan bakat dan minat. sama sekali tidak. saya mau menjelaskannya.
    tapi kayaknya panjang banget deh.

    kapan2 saya akan tambah terus tulisan saya di http://www.uta888.wordpres s.com
    tentang bakat dan minat kita ini.

    ada yang ingin komentar…?

  32. saya punya tanah 700 m di pinggir jalan desa di Cianjur. Hari Sabtu Minggu banyak yang melewati jalan ini untuk ke Villa atau menjenguk anaknya yg bersekolah di Ponpes Al Ma’sum Mardiyah. Bagaimana cara memanfaatkan peluang ini? di desa t4 tinggal say juga merupakan daerah pertanian (sayuran seperti wortel, kol, daun bawang, cessim dll). mohon sarannya. hatur nuhun….

  33. saya pensiunan PNS ingin buka usaha dengan modal +/- Rp. 150.000.000,- pengalaman dagang kelontong, dan memiliki kemampuan dibidang akuntansi dan perpajakan mohon saran bagaimana cara memmulai usaha sesuai dengan kemampuan saya

  34. saya pensiunan PNS ingin buka usaha dengan modal +/- Rp. 150.000.000,- pengalaman dagang kelontong, dan memiliki kemampuan dibidang akuntansi dan perpajakan mohon saran bagaimana cara memmulai usaha sesuai dengan kemampuan saya, dan bagi yang membutuhkan keahlian saya hubungi email abdullah@gmail.com

  35. butuh tenaga pembukuan, menyusun laporan keuangan, kesulitan dibidang perpajakan hubungi abdullahtax@gmail.com

  36. nih ada sedikit CARA UNTUK MELIHAT BAKAT DAN MINAT kita.
    >>>>>> http://www.uta888.wordpress.com

  37. Ass……
    saya seorang karyawan di sebuah warnet. udah cukup lama saya bekerja di warnet.
    yang saya ingin tanyakan, bagaimana caranya saya bisa punya usaha warnet sendiri? tp keadaan saya ke pentok modal.:D
    udah beberapa kali saya coba cari pinjaman uang buat modal, tp belum berhasil jg.
    tolong kasih sarannya dong oom buat saya, apa yang harus saya lakukan?? sebelumnya terimakasih banyak ya.
    oh ia ini email saya lupee_021@yahoo.co.id

  38. Saya sudah 1 tahun buka warnet dekat kampus UIN JKT, namanya Warnet Al-Biruni. rumah yang saya kontrak memiliki halaman yang cukup untuk parkir motor. saya punya niat mau buka warung minum + hot spot (wi-fi) di lokasi itu, bagaimana menurut bapak. mohon sarannya.

  39. Saya seorang ibu rumah tangga. Ingin buka usaha bakso. Rencananya mau patungan sama kakak saya. Tolong dong mas dikasih saran, tentang manajemen dan promosinya. ke email saya saja ya mas. makasih.

  40. Saya seorang karyawan swasta. Saya berencana akan membuka usaha warnet, tetapi saya belum punya modal untuk usaha. Saya masih ragu, jika saya pinjam modal di bank ada halangan dan dipersulit. Tolong kirim saya trik-trik bagaimana caranya meminjam modal di bank agar tidak dipersulit. Terima kasih.

  41. mau tanya ni,,tau nda cara membuat billing(rent timer) pada rental ps2?thanks–reply di email gw
    recky_oe@yahoo.com

  42. Saya sedang akan memulai suatu usaha di pekanbaru.Usaha yang akan saya jalani adalah sebuah konsultan marketing.Buat teman-teman di pekanbaru yang menyukai tantangan di dunia marketing terutama perumahaan…silahkan bergabung.Syarat gampang kok…Komunikatif,Ulet,pantang menyerah,jujur dan bisa bekerja sama.gaji mungkin ga terlalu banyak…tapi komisi…lumayan banget.marketing saya sekarang penghasilan perbulannya 5-10 jt.tapi dengan kerja keras tentunya.ga harus sarjana kok.smu boleh,yang ga pengalaman boleh…tapi harus mau di latih terlebih dahulu.yang penting syarat diatas.Makasih
    Salam hormat

  43. mas nanang, ada alamat/hp yg bisa d hubungi..??
    saya sangt tertarik dg marketing dan saat ni saya marketing di perusahaan swasta. tlg imelkan contact anda ke mond.wow@gmail.com
    makasih

  44. Saya seorang pegawai swasta. jam kerja saya dari jam 08.00 s/d 16.30. Saya Ingin sekali memulai usaha yang bisa saya lakukan tanpa harus keluar dari pekerjaan saya sekarang. kira-kira usaha apa yang tept bagi saya ? Mohon Sarannya…,
    Terima kasih

  45. saya mempunyai modal 40jt.
    saya berencana mau buat usaha rental Playstation.
    bagaimana menurut bapak????
    mohon saran dari bapak.
    trims

  46. Bapak/ibu yth.

    saya pegawai swasta, saya ingin mendapat pendapatan sampingan, karena alasan keluarga, tapi bingung mau mualai dari mana, usaha apa,
    kami ngontrak di jakarta. kira-kira usahaapa yang tidak memerlukan modal yang begitu besar mengingat untuk sehari-hari aja tekadang masih belum cukup. ada tempat pembuatan naged dan makanan ringan di kampung tetangga, apakah bisa di jadikan objek usaha. mengingat kita belum ada jaringan pemasaran dan barang mudah / cepet busuk (Barang tidak tahan lama). mohon sarannya
    email:aseppudin_zoe@yahoo.com

  47. Saya pegawai swasta..gaji pas pasan dan saya perlu usaha sampingan..dana untuk modal ada 2 jt-an.kira2 usaha apa yang cocok untuk saya.mohon di balas ke e-mail ( zacxx_rock@yahoo.com )

  48. asalamualaikum, nama saya dayat.

  49. Assalamu’alaikum….
    Saya adalah seorang mahasiswa sebuah kampus di Surabaya. Saat ini saya sedang dihadapkan pada masalah finansial jangka panjang yang menuntut saya untuk dapat segera hidup mandiri. Dan insyaALLAH satu-satunya jalan adalah dengan berwirausaha. Sebab untuk mengandalkan ijazah sepertinya terlalu lama untuk “mempertahankan hidup”.
    Tapi sampai saat ini saya belum menemukan ide konkret bentuk wirausaha tersebut. (InsyaALLAH saat ini saya ada modal sekitar 2jt). Oleh sebab itu saya minta tolong untuk berbagi ide dan saran kira-kira bentuk usaha apa yang dapat saya lakukan di tengah-tengah kesibukan saya sebagai mahasiswa sekaligus aktivis kampus.
    Mohon saran,ide, bantuan mapun do’a Saudara kirim ke email : zulfix_statits@yahoo.co.id
    Semoga segala saran Saudara mendapat imbalan yang mulia dari ALLAH SWT.
    Terima kasih.

  50. Assalamualaikum
    Saya baru membaca respone ini akan tetapi saya sudah tertarik. Teruskan dan perjuangkan hidup anda agar menjadi lebih baik ke depan. budi@aci-movers.co.id

  51. saya mengalami kebingungan saat ini untuk memulai usaha. saya benar2 tidak merasa nyaman untuk terikat secara waktu. Tapi, jenis usaha apa yang paling cocok??dan bagaimana menemukan jenis usaha itu??

  52. makasih lanjutintuk meningkatkan teman-teman yang lain………..
    pa lagi kalau memasukkan bersama tehnik dan cara-caranya……..
    thanks.peace……..

  53. menurut saya, semua pekerjaan bila dilakukan denga optimal maka akan menghasilkan sesuatu yang sukses dikemudian hari. Entah dari mana kita berasal, atau motif apa yang kita miliki, kesemuanya itu yang pasti merupakan hal-hal yang membuat hati kita damai. Itu yang paling perlu. Bukannya dengan penghasilan atau prospek kerja yang tinggi yang akan menentukan keberhasilan kita. Tapi kebahagiaan kita mengerjakan segala sesuatunya di segala bidang kehidupan yang diberikan Tuhan pada kita. Hadapi juga dengan senang. Meskipun kita mendapat rugi, pastinya tidak akan selamanya rugi.

  54. Saya seorang bapak muda yg keseharian saya bekerja sbg pegawai swasta, beberapa bulan ini saya jenuh sekali bekerja untuk orang lain, saya berkeinginan untuk membuka usaha sendiri dgn berjualan pakaian yang kebetulan orang tua saya juga berprofesi sbg penjual pakaian, tp saya ingin sekali memulai dari nol lg usaha ini, kira2 apa saja yang harus saya siapkan untuk membuka usaha ini? apakah modal 10-15jt mencukupi untuk membuka usaha ini? Mohon sarannya dikirim ke email saya: raiantoni@yahoo.com Terima Kasih

  55. bgm memulai usaha kecil dengan modal kecil

  56. rumah saya dipinggir jalan.saya pingin punya toko.kira kira toko apa yang cocok dengan usaha yang saya tekuni sekarang ini .usaha yang sudah jalan selama ini ,saya menerima pesanan seragam sekolah.kalau saya buka toko peralatan sekolah dan seragam, cocok tidak ya?tolong jawab di yantaxshe@ymail.com

  57. saya lagi bingung mau buka usaha rental ps2 di daerah saya yang tidak begitu rame karena bukan lokasi yang strategis, bagaimana prospek kedepannya bagus tidak dengan kondisi seperti itu? selain itu modal yang di perlukan berapa ya untuk buka rental ps2? ps2 yang berkualitas dan tahan lama yang tipe apa dan harganya berapaan sih?
    mohon tanggapannya di email saya, ceerryy@gmail.com

  58. ass,
    Saya mahasiswa PTS di jogja,saya mempunyai hobi memancing. Saya berencana mau buka toko pancing. Kira2 membutuhkan modal berapa? Saat ini saya sedang nabung untuk menuju modal 5jt. Tolong juga saya dikasih tau perincian hitungn sampai BEPnya. Terimakasih sebelumnya,saya tunggu balasanya di emailku: jonangler17@yahoo.com

  59. Asslamualaikumwarahmatullahiwabarakatuhu

    bagaimana caranya memulai usaha dengan bemodalkan impian

  60. Freelancers

    Menerima Disain perencanaan rumah tinggal, kantor & Interior, serta perhitungan RAB.

    Dengan perencanaan yang matang anda akan mendapatkan kepuasan dalam memiliki rumah idaman. Dengan menyesuaikan buget yang anda miliki.
    Hub. saya di email: agung_drf@yahoo.com

  61. Assalamu’alaikum…
    Saya karyawan swasta, saat ini saya sedang merintis usaha pulsa, tapi keuntungannya sangat kecil, karena lokasi yang kurang strategis, ada yang bisa bantu jenis usaha apa dengan modal dibawah 5 jt ga ?

  62. All,
    minta tolong di kirimkan kiat2 untuk memulai usaha fotocopy dan layanan tambahan apa saja yang harus di sediakan (laminating, penjilidan, fax dll).
    terima kasih atas response nya.

    salam,
    Mus

  63. saya seorang ibu rumah tangga, saya tinggal di pinggiran kota . Sekarang ini saya memiliki usaha pengetikan dan rental komputer dengan 2 buah komputer, dan kadang menerima pembuatan undangan pernikahan. Saya berencana merintis usaha sovenir dan hantaran pernikahan. bagaimana prospek usaha ini? darimana saya memulai usaha?

  64. saya seorang ibu rumah tangga, ingin buka usaha distributor susu khusus bayi dan anak2, tp saya tidak tau harus memulai dari mana? dan bagaimana mencari supplier nya?

    dan saya ingin produk didpt atau dr pabriknya lsg?

    Terima kasih,
    Yuli.

  65. Assalamualaikum Wr.Wb

  66. Ma kasih banyak buat masukannya mas, cukup membantu bagi saya. Salam sukses…

  67. saya seorang pelayan di toko roti terkenel di bandung…sy berencana mau membuka usaha dagang keliling….ketika saya tanya seorang pedagang bakso keliling tentang rata_rata penghasilannya sebulan…ketika itu jg sy kaget, ternyata penghasilan si emang tukang bakso lebih gede daripada gaji sy selama sebulan…mulai saat itu sy berpikir knp saya ga memulai terjun aza menekuni usaha di bidang ini.. dan saat ini sy baru bisa ngeDP roda dlu coz mdlnya br itu za, tp mdh_mdhn berjalan lancar dan skrang sy mulai merencanakan dan memulainya tanpa harus berhenti bekerja sebagai pelayan….Let”s do it…!!!!

  68. Saya karyawan swasta berusia 28 tahun bekerja sekitar 3 tahun diperusahaan yang selalu berpindah-pindah karena kurang cocok dengan berbagai macam sebab. Pimpinan, rekan kerja, sampai gaji.
    Saya berpikir untuk memulai usaha (wiraswasta) dengan modal yang sudah saya tabung. Tapi saya bingung untuk memilih usaha yang cocok untuk saya.
    Saya sempat ditawari teman untuk kerja sama usaha fotocopy. Tapi saya ragu karena tidak berpengalaman dibidang tersebut. Dan juga saya dan teman saya tidak tahu pasti modal awal untuk memulai usaha tersebut. Karena saya buta sama sekali. Bagaimanapun menurut saya. yang namanya pengalaman sangat penting. Apalagi bila kita mendapat kesempatan berkecimpung di bidang tersebut.
    Sebaiknya usaha apa yang harus saya tekuni, mengingat kerja di instansi swasta sebagai tenaga administrasi membuat saya jenuh? Minta tolong sarannya ke lionheart_giant@yahoo.com
    Terima kasih….+

  69. Perkenalkan nama saya budi…tinggal di kepulauan bangka saya karyawan swasta dan pernah jg krj di restaurant…saya ingin sekali memulai usaha rumah makan namun saya masih ragu untuk memulainya..tolong masukanya,,trims

  70. Oh iya tolong masukanya kirim ke tio87@ovi.com atau 085769875155..trims

  71. saya sudah memulai usaha baru produksi pakaian jadi sekaligus terima jahitan.. tapi selama beberapa bulan .. pemasukan dan pengeluaran sepertinya lebih besar pengeluaran .. dg kt lain tdk berkembang ..karena memang pada waktu itu hampir tidak ada perencanaan yang matang .. jadi asal jalan … barangkali ada yang bisa sharing info atau kiat2 sukses..
    langkah2 apa yang harus saya lakukan …
    berapa lama persiapannya …dan berapa lama sampai dg BEP…terima kasih …

  72. saya adalah karyawan bank swasta nasional yang berniat pensiun dini dalam waktu dekat, saya ada modal sekitar 30 juta, tetapi sampai sekarang saya bingung mau usaha apa, saya tinggal dikomplek perumahan menengah atas.. pernah saya kepikiran untuk usaha agen sosro atau usaha sanggar senam khusus wanita (belum ada saingan radius 3 km), mohon bantuan untuk menemukan usaha yang cocok beserta tips dan triknya diemail ke david_ds19@yahoo.com
    terimakasih salam sukses

  73. saya mau buka usaha, dan mempunyai sebuah kios di depan rumah usaha apa yg bisa saya jalankan, sementara di sekitar kios saya banyak grosir dan toko makanan saya minta saran membuka usaha yg dapat berkembang mohon bantuannya untuk cari usaha yg cocok ya kirim ke dar_bgs@yahoo.com

  74. Saya Ingin membuka usaha rumah bordil, kira-kira butuh modal berapa yah :D

  75. Saya baru aja memulai usaha yang menjual hasil usaha orang lain.

    Apakah produk anda ingin laku di pasar ato dijualin? hubungi saya di:
    03170043372

  76. Artikel yang lengkap. Mohon ijin utk bahan rujukan tulisan hasil keliling blog

  77. Saya dalam waktu dekat berencana untuk membuka warung makan yang sederhana dengan berprinsip bahwa jalani aja dulu baru disesuaikan belakangan, saya berharap kalau ada yang punya pengalaman dibidang ini untuk bisa shering ke e_mail saya h2kidak@gmail. com. thanks.

  78. wah keren jadi tambah ilmu …he..he…terimakasih dan salam kenal…

  79. Artikel yang sangat inspiratif, mohon izin kopi untuk kegiatan kewirausahaan mahasiswa

  80. saya pingin punya usaha kecil-kecilan,tapi ga tau saya mau usaha
    apa?mohon saran?

  81. saya seorang kuli pabrik, saya mempunyai uang 2 juta , usaha apa yang cocok untuk saya?mohon saran ,trima kasih

  82. saya seorang kuli pabrik, saya minta saran usaha apa yang cocok jika mempunyai modal 2 juta.terima kasih

  83. assalamualaikum
    saya seorang iburumahtngga,,,saya ingin sekali buka bisnis warnet dan online shop,yang ingin saya tanyakan kiat2 apa dan kira2 modal berapa untuk mewujudkan bisnis warnet tsb mengingat tempat tinggal saya masih jarng sekali ada warnet..terimakasih

    wassalamualaikum

  84. salam,

    Saya ingin buka cabang usaha baru di bidang trading, langkah-langkah apa saja yang saya perlukan untuk membuka cabang baru tersebut?
    terimakasih untuk jawabannya,

    Salam Sukses,

  85. jual cepat. mesin IR.600. garansi servis. lokasi bandung. alat pemotong kertas (barunya 750rb), mesin laminating (barunya 1,2juta), stavol oki 3000watt, straples besar (barunya 750rb), semuanya 6,5 juta aja. cocok untuk buka usaha fotocopy. berminat telp/sms: 081379966622.

  86. saya mempnyai modal 5 juta dan ingin memulai usaha play stasion, mohon bantuan nasehat

  87. saya ingin memulai usaha sanggar senam karena saya baru saja lulus kursus senam, kira-kira modal yang dibuthkan berapa ya??

  88. saya baru tamat sekolah SMK jurusan penjualan, saya ingin membuka suatu usaha pengetikan komputer atau sejenis rental pengetikan lah…….
    saya punya modal 10 juta,,,belum termasuk kebutuhan komputer dan lain sebagainya……
    tolong sarannya untuk saya, langkah apa saja yang perlu saya lakukan dan kelanjutannya bagaimana……

    tolong kirim sarannya ke e-mail saya yanto_black90@yahoo.co.id

    tolong y,,,,,,,,,,,,,,,,
    saya perlu sarannya………

  89. saya ingin sekali membuat rumah makan tapi saya bingung bagai mana memulai nya saya punya modal 12 juta dan lokasi saya punya lokasi pinggir jalan tapi saya bingung apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu tolong nasehat untuk saya. trimaksih

  90. dear..
    saya mau buat usaha fotocopy,, kebetulan usaha fotocopy cukup menjanjikan karena lokasinya dekat dengan sekolah..tapi saya bingung gimana memulainya?? terutama masalah perijinannya saya sudah cari2 info mengenai itu tapi butuh saran langsung dari pengusaha sukses..

    tolong sarannya

  91. Saya seorang karyawan swasta dan sudah bekerja selama 3 tahun, saya mempunyai modal 10 juta,saya pengen membuka usaha tetapi masih bingung usaha apa yang akan saya terjuni,mohon bantuan kepada semua untuk mengarahkan ke bidang apa saya berusaha,saya suka dengan dunia kuliner.
    mohon email ke hazzan1982@gmail.com
    Terima kasih atas bantuannya.

    Salam,

  92. Usaha apa yang cocok dengan modal Rp 10 juta… tolong bantuannya ke: riztcawk@yahoo.com

  93. ass… halo rekan”” sejiwa bisnis… bisnis bisa tumbuh dlm diri kita.. jika kita mau melihat prospek bisnis tersebut… jika ingin memulai berbisnis ad bbrapa kunci utama yg harus kita kuasai 1. jgn malu 2. lihat peluang 3.pergaulan 4.berdo’a jagn lupa biar gmnpun Allah selalu membantu umatnya…

  94. saya ingin memulai usaha dagang. saya punya 10 juta. kalau ada yang mau join silahkan hubungi saya disini komunitasusaha@yahoo.com.

  95. ingin berhasil dalam usaha..langkah pertama ..ya segera memulai..?. nice blog..

  96. Saya seorang PNS, baru 2 thn bekerja..
    Saya ingin punya usaha sampingan,tp cm punya modal 5jt..kira2 apa ya usaha yg cocok bwt saya..
    Rekan2 mohon ide dan sarannya ya ke email saya r_iskasari@yahoo.com
    Trims..

  97. mas saya gunawan, saya masih menjadi mahasiswa di politeknik di indramayu. saya sedang menjalankan usaha cuci motor yang sekarang sedang buming, sehingga banyaknya saingan yang sama seperti usaha saya. mohon penerangannya untuk usaha saya. kirim penerangannya di mail say (gunawan_gundes@yahoo.co.id). makasih banyak

  98. Siap membantu Anda,

    Assalamualaikum wr. wb. / Salam sejahtera untuk kita semua

    Sebelumnya kami akan memperkenalkan diri. Kami berkarya sebagai perencana dan pelaksana bengunan : rumah tinggal, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan rumah ibadah, eksterior maupun interior. Dengan pengalaman yang luas dan layak selama beberapa tahun, izinkan kami untuk membantu dan memberikan pelayanan jasa kami pada Anda.

    Kami siap membantu Anda untuk masalah perencanaan rumah tinggal, kantor & Interior, serta perhitungan Rencana Anggaran & Biaya (RAB).

    Perencanaan yang baik akan menghasilkan bangunan yang sesuai dengan karakter dan kepribadian pemiliknya. Dan yang penting, bangunan yang akan jadi kemudian benar-benar terencana. Baik dari sisi design bangunan maupun anggaran biaya yang diusahakan.

    Oke, jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami.

    Kontak pribadi : a/n Dody Aryadi
    Telpon : 0813-8172-6773 / 021-3253-4070
    Email : Dodyzuhri@yahoo.co.id

    Wassalamualaikum wr. wb. / Salam sejahtera untuk kita semua.

  99. Saya mahasiswa kimia unnes dan baru ingin membuka home industry macam2 sabun (cuci, colek, pmbrsih lantai) di daerah jepara, tapi untuk masalah kemasan plastik dan botol saya masih bingung mencari pabrik supliernya yang cocok, dan mohon untuk langkah pemasaran yg baik seperti apa ya ? sehubung dgn home indstry yg baru saya ingin jalani ini… mohon dibantu ya rekan2 semua, sarannya ditunggu di email saya di : angga_fidellio@yahoo.co.id

    trimakasih …. :)

  100. nama saya hendri mahasiswa salah satu perguruan tinggi di jakarta dan pernah menjadi marketing beberapah perusahaan besar.
    saya ingin memulai usaha sendiri dan bingung untuk mulai merintis usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal yang minim dan kiat-kiat apa saya yang saya harus miliki
    karena saya mau usaha disektor informal dan usaha apa yang cepat berkembang di jakarta
    saya mohon balasan dan bantuan bisa
    rhiagirls34@yahoo.co.id

  101. hampir sama dg pertanyaan temn2 semua..saya juga ingin memiliki usaha sampingan tapi bingung kira2 usaha apa yg cocok untuk saya yg notaben seorang ibu rumah tangga yg bekerja..tapi saya ingin keluar dr pekerjaan krn ingin konsen terhadap momongan tp jg tidak kehilangan penghasilan sebagai wanita yg mandiri..sekedar info jg modal sy tidak lbh dr 3jt rupiah….trims

    mohon balasannya…dikirim ke email saya
    terimakasih ^.^

  102. ass.
    saya mahasiswi dibidang boga, besar harapan saya untuk menjaani usaha yang cukup saya kuasai. rencana saya akan membuka kantin di sebuah kator. krena sasaran pasar sudah ada, jadi saya sedang bersiap-siap untuk memulai nya. dengan modal pribadi yang saya miliki (1,5jt), saya sampai meminimalis pengeluaran-pengeluaran alat dan keperlua yang tidak maksimal penggunaannya. namun kendala yang saat ini saya hadapi adalah Tenaga Kerja. saya harus menggunakan tenaga kerja karena saat ini saya sedang kuliah. saya mohon untuk bantuan nya dalam menyiasati permsalahan saya ini.. intinya bagaimana solusi dari kendala tenaga kerja. satidaknya saya ingin belajar menjalani usaha ini, dari bagaimana mengendalikan tenaga kerja..
    untuk saran n tanggapan dri permasalahan saya ini saya ucapkan terimakasih, dan saya mohon balasan nya dikirim melalui email saya.
    Terimaksih.
    wasslm.

  103. saya membeli kios d psr.segar bekasi,tp saya masih bingung jenis dagangan yg akan saya jual di kios saya.kebetulan letak kios dan maunya saya dagangan kering.bukan ikan”atau sayur mayur lainnya.mohon sarannya .terima kasih

  104. DI JUAL BEBERAPA LOKASI TANAH DI DAIRAH PULANG PISAU KALIMANTAN TENGAH COCOK UNTUK PERKEBUNAN,PETERNAKAN,USAHA WALET DLL HUB
    082153742930 SANGAT MURAH …..DAN BAGI INVESTOR SIAP KERJASAMA….DENGAN KAMI email daniantozakaria@yahoo.co.id
    DI JAMIN UNTUNG.

  105. aslm…saya mahasiswa yang ada di malang, saya sekarang hampir lulus kuliah,saya mempunyai modal usaha kurang lebih 3 juta,mohon saran dan pendapatnya,catatan …saya sudah memiliki tempat yang strategis di lingkungan universitas…terima kasih…moga sukses semuanya…amin

  106. saya seorang mahasiswa disalah satu sekolah tinggi dan saya mempunyai minat untuk menjadi usahawan akan tetapi saya masih newbe dan kurangnya pengetahuan akan bagaimana langkah2 dlm menjalkan usaha tsb.kiranya bapak/ibu sedia membantu saya ,saya tunggu balasan ….. di email.kartsurya@gmail.com

  107. saya seorang maha siswa ingin bergelut didunia bisnia-s hosot, mohon bantuan dann panduan nya??

  108. saya seorang tki ,, d sebuah perusahaan lampu orex. saya ingin memulai UKM , dgn modal 10 jt. yg saya tanyakan bgmn memulainya dan g mn strategi ke depan agar bs di terima masyarakat luas ,, d samping itu d mana harus ijin usaha trus untuk lebel makanan agar tidak d srobot pihak lain. mohon bantuan dan saran anda,,, trima kasih

  109. aslmlkum,,,tempat yg gmn agar usaha bs menarik prhatian masyarakat,,,dan dg modal 2 jt,,,dmn bs mmperoleh baha sembako bbila ingin berjualan sembako,,,

  110. mantab sekali artikel nya.. semoga selalu menginspirasi semua orang.. dan terus berkarya… amien

  111. Saya seorang guru honorer salah satu SMP Swasta di Batam.
    Saya sebetulnya udah jenuh bekerja di dunia pendidikan yang bukan merupakan latar belakang pendidikan saya.
    Sewaktu kuliah dulu (sekitar tahun 90′an) saya udah mulai usaha kecil-kecilan yaitu usaha ketikan skripsi dan perancangan program komputer untuk beberapa mahasiswa.
    Beberapa hari setelah wisuda, saya sebetulnya ditawari untuk mengajar kembali di kampus saya (waktu kuliah sering jadi assisten dosen untuk matakuliah yang ‘rada rumit’) tetapi saya menolak karena ingin merantau mencoba melamar kerja di dunia Industri.
    Tetapi lagi-lagi untuk bidang saya selalu pengalaman (bidang industri) yang diminta di hampir semua industri yang saya masuki (bahkan sudah sampai tingkat interview).
    Pada Interview terakhir ada ada dua calon yang lolos (dari sekian puluh calon) yaitu saya dan satu orang lain. Satu orang yang lain tersebut belakangan saya ketahui telah berpengalaman di Industri sebelumnya (masih dalam satu kawasan industri yang saya lamar tersebut) dan orang tersebutlah yang ternyata diterima (karena yang dibutuhkan memang hanya satu orang).
    Sejak saat itu saya mulai down. Sebagai antisipasi akan kehidupan saya dirantau, iseng-iseng saya melamar untuk jadi guru di salah satu SMK swasta yang baru dibuka pada saat itu, ternyata tanpa banyak prosedur saya langsung diterima.
    Ternyata sekolah tersebut hanya berumur 2 bulan saja lalu sekolah tersebut bubar.
    Karena terlanjur memasuki bidang pendidikan, akhirnya saya melamar ke SMK lain dan seperti biasa tanpa banyak prosedur saya juga langsung diterima.
    Jadi singkatnya, setelah lebih kurang 20 tahun saya bergelut di dunia pendidikan membuat saya jenuh. Dari segi ekonomi tak ada prestasi yang saya peroleh selain bisa mencicil sampai lunas kredit motor yang saya gunakan setiap hari.
    Saya masih terngiang-ngiang akan “prestasi” saya waktu kuliah dulu yang diakui baik oleh Dosen mamupun rekan-rekan mahasiswa yang lain.
    Jadi minta saran dari admin dan rekan-rekan blogger yang lain haruskah saya betul-betul “keluar total” dari bidang pekerjaan saya selama ini.
    Saya sangat ingin bukan usaha sendiri, tetapi bagaimana dan darimana saya harus memulainya

  112. nama saya irvan sinurat,usia 26 tahun,belum menikah,skg saya buka usaha sendiri yg bergerak di bidang finance,skg saya berniat utk beralih di bidang warung sampah atau kalau bisa sampai ke grosir besar,tolong saya di bina untuk hal itu.

  113. Slamat pagi.. sy mau Tanya, mnurut anda usaha dg buka di mall bs mnjamin prospek bgus ga? Jk dilihat Dr biaya sewa aj per bulan udh lumayan tinggi, pdhl sy rncana mnjual produk skitar 30RB/50RB perpcs.. Tolong ya kasih masukan… Thxxxx

  114. Tulisan yang menarik untuk memulai usaha, tulisan seperti ini sangat diperlukan. Kalau boleh saya ingin sharing .. melengkapi dari sisi kalkulasi finansialnya untuk membuka usaha, kalkulasi bisnis layak tidaknya di buat simple dan applicable untuk small business .. tulisan bisa di lihat di http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/01/bagaimana-menghitung-kelayakan-bisnis.html#more

  115. saya mempunyai 2 ekor ayam..
    lalu saya berniat mengembangkan usaha ternak di tempat yang tandus..
    apa bisa ???

    tolong ya sran nya…

  116. Assalamu’alaikum wr. Wb.

    Yth. Bapak/Ibu
    Saya seorang ibu rumah tangga, saya ingin sekali membuka usaha sendiri tapi saya masih bingung.. Kalau membuka butik di rumah sendiri terus kira-kira butuh modal berapa yha membuka butik ?
    Atau bpk bisa membantu saya kira-kira usaha apa selain buka butik..
    Mohon saranya ya pak,, tolong di kirim lewat email rindah.permata@yahoo.com
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  117. saya seorang mahasiswa punya modal 5 juta, dan tinggal dijakarta, bagusnya apa, untuk merintis dr awal, dalam jangaka panjang dan dalam jangan pendek dan butuh modal brp?

  118. Mudah-mudahan dapat mengambil segi positifnya dari coment-coment teman di sini.

  119. Aslmualaikum.
    Mas, saya seorang pns yang msh golongan rendah.
    Gaji saya tidak dapat mencukupi kebutuhan saya.
    Saya punya modal sekitar 20jt an.
    Saya ingin membuka usaha bakso. Tp saya tidak tau cara membuat bakso dan lokasi jg blm ada.
    Saya ingin tau tahapan2 untuk memulai usaha ini dan tips2 agar usaha ini dapat kekal dan lancar.
    Oh ya daerah tempat tinggal saya ini di daerah pesisir.
    Tolong kirim ke email saya ya..
    suraya.asyari@yahoo.com
    Thanks b4

  120. Reblogged this on Jun.ID.

  121. nama saya Syafril berkerja sebagai marketing di salah satu hotel Jakarta.
    saya ingin memulai usaha sendiri dan bingung untuk mulai merintis usaha apa yang bisa dijalankan dengan modal yang minim dan kiat-kiat apa saya yang saya harus miliki
    karena saya mau usaha apa saja yang cepat berkembang di jakarta
    saya mohon balasan dan bantuan bisa email:syafril_benda@yahoo.com

  122. I constantly emailed this weblog post page to all my friends, for the reason that if like to read
    it afterward my links will too.

  123. salam sejahtera, assalamualaikum wr.wb

    saya exs. mahasiswa.. baru tamat 2 bulan yang lalu dari perguruan tinggi seni,, saya sangat ingin menjadi pengusaha dan bukan pekerja,,,, saya ingin membuka lapangan pekerjaan baru khusus dibidang seni tari (karena itu bekal yang saya miliki) seperti membuka sanggar seni tari yang saat ini sudah saya mulai sedikit demi sedikit dengan membuka kursus tari atau pelatihan tari. namun disamping itu saat ini saya terkendala dengan masalah pendanaan. karena saya ingin mengembangkan sanggar ini saya butuh modal untuk memenuhi kelengkapan pada sanggar ini,,, saya mohon bantuan bapak bagai mana cara saya untuk mendapat kan dana. bila melalui pengajuan proposal maka seperti apa format pengajuan proposal tersebut pak,, mohon sharenya ke email saya pak indahpurnamasari873@yahoo.com
    terima kasih pa.

    walam

  124. Informasi Situs web Anda menarik, makasih infonya Gan. kunjungi juga http://varian.student.ipb.ac.id/

  125. dear^
    Nama saya sarif hi yaitu seorang mahasiswa dan pekerja sewasta ,dengan modal yang minim bagai mana caranya untuk buka usaha FOTO COPY sedangkan usaha seperti itu membutuhkan modal yang lumayan tidak sedikit
    tp saya serius banget tentang ini karna gaji kerja saya belum cukup untuk biaya makan dan kuliyah saya.,,,,,,Saya berharap jika ada yang punya pengalaman dibidang ini untuk bisa shering ke e_mail saya ^ zarriefvio@gmail. com. thanks.


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

