Oleh: pukat | Juni 21, 2008

Pertumbuhan linier : barter waktu dengan uang

TUKANG CAT & SEORANGPROFESIONAL

Seorang tukang cat bernama Garry,. Selain sebagai tukang cat di rumah2, dia juga sekaligus memasang wallpapernya. Tinggalnya di dekat rumah saya di Cleanwater., Florida. Garry adalah seorang pekerja keras. Ia mulai bekerja pagi2 sekali dan baru kembali ke rumah setelah menjelang malam. Bahkan kalau sempat, pada akhir pecan pun dia terpaksa bekerja.

Penghasilan Garry sekitar $ 12 per jam. Tetapi sebetulnya kalau dihitung-hitung dengan waktu yang dihabiskan untuk pergi ke tempat pekerjaan, untk mengunjungi took material dan sebagainya, maka penghasilannya bisa dikatakan hanya $ 10 saja. Kalau Garry sedang bernasib baik , yakti jika dia bias bekerja 10 jam sehari selama 6 hari seminggu, maka penghasilannya dalam setahun adalah sebagai berikut :

1 x $ 10 = $ 10 per jam

60 jam seminggu = $ 600 per minggu

50 minggu setahun = $ 30.000 setahun

Nah! Jumlah $ 30.000 per tahun ini memang cukup lumayan. Banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan $ 30.000 per tahun seperti ini. Tetapi jumlah tersebut diperoleh Garry, hanya kalau dia sedang panen, saat dimana dia sering mendapatkan order pekerjaan. Tetapi coba simak, kerugian2 kalau Garry sedanng misim panen order seperti itu :

· Dia hanya bias meluangkan waktu satu hari seminggu dengag istri dan anak2nya.

· Penghasilannya tidak bias lebih dari $ 30.000 setahun walaupun dia sudah bekerja semaksimal mungkin.

· Dia jarang punya waktu untuk istirahat., karena kalaupun ada sedikit waktu ia sudah terlalu lelah atau mungkin juga ia tidak punya untuk menikmatinya.

· Dan yang paling memprihatinkan adalah , kalau bekerja untuk mendapatkan penghasilan yang berdasarkan pada pertumbuhan linier ini adalah bahwa : Garry hanya mendapatkan upah sekali. Yaitu pada saat pekerjaannya selesai. Jadi, artinya, begitu ia mendapatkan uang yang menjadi haknya, ia akan kembali lagi kepada “lingkaran barter waktu dengan uang..

APAKAH PERTUMBUHAN LINIER?

Pertumbuhan linier : barter antara waktu dan uang

Ada perkataan seorang pebisnis : “Saya sering mengatakan kepada orang2 yang mengikuti seminar saya bahwa kebanyakan pekerja itu mengikuti apa yang disebut dengan 40/40/40/40. Artinya, mereka bekerja 40 jam seminggu, selama 40 tahun. Ketika pensiun, kantor tempat dia bekerja menyelenggarakan acara perpisahan dan memberikan kepadanya hadiah berupa jam tangan seharga $ 40 saja.”

Tetapi seperti hal lainnya, di jaman sekarang ini banyak hal yang berubah. Demikian pula dengan pola 40/40/40/40 yang juga turut berubah. Kini kebanyakan dari kita mengikuti pola 50/50/50/50. Yakni kita bekerja 50 jam seminggi, 50 minggu per tahun…selama kurun waktu 50 tahun…dan ketika kita pension, penghasilan kita Cuma 50% dari jumlah yang kita perlukan untuk bisa hidup cukup saat ini!

Lingkaran barter waktu dan uang

Pola 50/50/50/50 adalah contoh yang jelas dari “system penciptaan penghasilan”, karena hal ini berdasarkan pada pertumbuhan linier.

Perhitungan matematik dari pertumbuhan pendapatan linier ini sangatlah sederhana, yaitu :

U (upah per jam)x J (jumlah jam kerja) = P (pendapatan)

Defenisi linier adalah “apa yang kita keluarkan akan sama dengan apa yang kita masukkan”. Jadi secara sederhana dapat kita jabarkan bahwa anda akan mengeluarkan apa yang nanti akan anda dapatkn , tidak lebih tidak kurang. Dalam system pertumbuhan pendapatan linier ini, satu satuan waktu sama dengan satu satuan uang. Akibatnya, satu2nya cara untuk meningkatkan penghasilan yang berdasarkan pada pertumbuhan linier dalah dengan jalan lebih banyak menambah jumlah jam kerjanya.

Sepintas lalu, system pertumbuhan linier ini tampak wajar2 saja. Artinya dengan system ini, kita dibayar sesuai dengan jumlah kerja kita. “tetapi , masalah yang dihadapi oleh pekerja2 yang mengikuti system pertumbuhan penghasilan yang linier adalah bahwa mereka meraasa selalu kekurangan, berapapun penghasilan per jam yang mereka terima. (Sumber : Burke Hedges – Copycat Marketing 101)

Menurut anda, adakah system pertumbuhan pendapatan yang lain?

Setujukah anda dengan pernyataan ‘WAKTU ADALAH UANG”?

Inginkan anda menjadi kaya, dengan tanpa mengorbankan masa depan anda , keluarga anda, kesehatan anda, hubungan dengan orang lain , di dalam proses pencapaian kekayaan yang anda impikan?

Prepared by Santoso, S .Si Bogor 28 April 2008

Email : jos1605@gmail.com

Mobile : 081510390335

Silahkan dikomentari!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: